Thursday 12 November 2015

Hantu Menurut Islam & Ilmu Fisika


Hantu merupakan makhluk ghaib yang tak bisa dilihat mata manusia, walaupun terkadang menampakan diri. Hantu sering kali membuat manusia ketakutan melebihi ketakutan terhadap preman. Ada yang mempercayai adanya hantu, ada juga yang tidak percaya. Dari sekian banyak jenis hantu, hantu yang sepertinya paling ditakuti masyarakat adalah hantu orang mati. Sebagian orang awam beranggapan bahwa hantu adalah jelmaan roh orang mati, khususnya orang mati yang teraniaya atau kecelakaan. Fakta tentang hantu adalah jelmaan orang mati tidak bisa dibenarkan.
Lalu bagaimana ilmu Islam & ilmu fisika menjelaskan tentang hantu? Mari kita bahas bersama...
Menurut ajaran Islam, roh orang mati dijaga di tempatnya sampai hari kiamat, tidak ada istilah gentayangan atau jelma-menjelma.Islam tidak menolak kewujudan makhluk halus, malah perkara ghaib seperti kewujudan makhluk halus wajib dipercayai kerana Rukun Iman itu sendiri terdiri dari perkara-perkara ghaib yang wajib diimani. Dari Abu Hurairah r.a. katanya : “Ketika Rasulullah s.a.w. menyabdakan : “Tidak ada penularan, Tidak ada yang tabu di bulan Safar, dan tidak ada hantu mayat gentayangan.” Maka bertanya seorang Arab Dusun, “YA Rasulullah! Bagaimana seandainya sekelompok unta yang sihat dipadang pasir, kemudian didatangi seekor unta yang berkudis, kemudian unta yang sihat itu, berkudis pula semuanya?” jawab Rasulullah.,“Siapakah penular yang pertama-tamanya?” (HR. Imam Muslim)
Dari Abu Hurairah r.a. katanya, Rasulullah s.a.w. bersabda : “Tidak ada penularan, tidak ada mayat gentayangan yang menjadi hantu kuburan, tidak ada binatang tetentu muncul yang menyebabkan hujan, dan tidak ada tabu di bulan Safar” (HR. Imam Muslim). Dari Jabir r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda : “Tidak ada penularan, tidak ada pengaruh atau tanda bahaya suara burung, dan tidak ada hantu.” (HR. Imam Muslim).
Hadis di atas jelas menunjukkan Rasulullah s.a.w. sedang memberikan penjelasan mengenai beberapa perkara tahyul dan khurafat yang menjadi kepercayaan Arab Jahilliah pada satu ketika dulu.
Jadi bisa disimpulkan, hantu orang mati itu bukanlah jelmaan roh orang yang mati dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan orang yang sudah mati. Semua itu hanyalah ulah setan dan jin yang bandel. Sebagai manusia yang beriman dan berakal, kita harus jeli terhadap asumsi dan prediksi alam ghaib itu, agar kita tidak terkecoh oleh tipuan mereka.Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa hantu orang mati itu bukanlah jelmaan roh orang yang mati dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan orang yang sudah mati. Semua itu hanyalah ulah setan dan jin yang bandel. Sebagai manusia yang beriman dan berakal, kita harus jeli terhadap asumsi dan prediksi alam ghaib itu, agar kita tidak terkecoh oleh tipuan mereka.

Lalu bagaimana dengan pandangan ilmu Fisika sendiri?
Menurut ilmu fisika, makluk gaib atau  hantu memiliki ukuran massa yang sangat kecil , malah dikatakan tidak bermassa. Makhluk gaib itu merupakan makhluk yang berasal dari dimensi lain. Kita bayangkan suatu dunia dua dimensi. Dalam dunia ini orang tidak tahu tinggi, yang ada hanya bidang datar tempat makhluk-makhluk pipih ini bergerak wara-wiri. Jika ada suatu bola jatuh ke dunia ini, bola akan terlihat seperti sebuah titik yang makin lama makin besar setelah itu hilang. Untuk makhluk dua dimensi, fenomena ini sangat aneh. Mana mungkin suatu benda muncul lalu lenyap tak berbekas. Di sini logika fisika dan matematika kita tidak bisa diterapkan. Sama seperti kita mencoba mengamati makhluk dari dimensi lain. Kita tidak bisa menggunakan logika fisika dan matematika yang ada sekarang, tetapi harus memakai logika dari dimensi lain itu.
Menurut ilmu fisika, makhluk halus atau hantu ternyata bermuatan negatif (-), bumipun ternyata memiliki muatan negatif (-) juga. Dalam hukum coulomb, matan yang sejenis jika berdekatan akan saling tolak-menolak dan muatan yang tidak sejenis akan tarik menarik. Nah, disini kita bisa lihat berdasarkan hukum coulomb hantu yang mempunyai muatan negatif akan tolak menolak dengan bumi yang juga bermuatan negatif, itulah alasanya kenapa hantu tak pernah menyentuh tanah. Begitu juga dengan santet, santet juga memiliki muatan negatif, jadi kalau secara ilmu fisika kita bisa menggunakan hukum coulumb ini untuk mencegah santet dengan tidur beralas bumi langsung (hanya teori fisika, selebihnya Wallahualam). Yang jelas kebenaranya adalah Allah sebaik-baik pelindung bagi kita.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com